Senin, 29 November 2010

Kelas X Sem 1: Biantara


Biantara

·         Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi, dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan: Sumber Wikipedia
·         Biantara atau berpidato adalah salah satu keterampilan berbicara. 
·         Ketrampilan berbicara adalah sebuah proses menyampaikan isi pikiran secara lisan kepada orang  lain atau pendengar.
·         Biantara dilakukan pada situasi tertentu misalkan pada acara-acara resmi, misalkan lamaran, pembukaan acara, upacara bendera, ulang tahun  dan sebagainya.
·         Biantara merupakan komunikasi lisan antara seorang pembicara dengan khalayak ramai
a.        Penyampai biantara. Panyatur, speaker, Pembicara, sender;
b.       Pendengar biantara. Pendengar, Paregep, audien. Dalam biantara jumlah pendengar lebih dari satu

·         Metode biantara atau pidato
1.       Metode impromptu
Orang yang berpidato sama sekali tidak melakukan persiapan. Biasanya terjadi pada saat acara-acara yang dadakan atau pembicara yang sudah ditetapkan  berhalangan hadir. Pengetahuan dan pemahaman akan materi atau topik yang terkait dengan biantara sangat penting.
2.       Metode menghafal
Orang yang hendak melakukan biantara mempersiapkan materi yang hendak disampaikannya dengan cermat dan dituliskan secara lengkap kemudian dihafalkan. Pada saat penyampaian biantara ia sama sekali tidak menggunakan naskah. Hanya hafalannya saja
3.       Metode naskah
Orang yang hendak melakukan biantara mempersiapkan materi yang hendak disampaikannya dengan cermat dan dituliskan secara lengkap. Pada saat penyampaian biantara ia mempergunakan naskah. Ia hanya membacakan saja.
4.       Metode ekstemporan
Orang yang hendak melakukan biantara mempersiapkan materi yang hendak disampaikannya dengan cermat. Kemudian dijadikan catatan-catatan kecil yang berisi pokok-pokok materi  yang akan disampaikan.

·         Sistematika isi biantara
a.        Bubuka
1.       Ngucapkeun  salam
2.       Ngahaturkan nuhun ka nu hadir
3.       Ngahaturkeun nuhun ka nu ngatur acara.
b.       Eusi
1.       Maksud atawa tujuan acara
2.       Eusi materi
c.        Panutup
1.       Kacindekan atawa kesimpulan
2.       Salam panutup

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar